Flash Effect

Saturday, March 29, 2014

Suppositoria



1. Pengertian Suppositoria!
a. Menurut FI III (32)
Suppositoria adalah sediaan padat yang digunakan melalui dubur, umumnya berbentuk torpedo, dapat melarut, melunak atau meleleh pada suhu tubuh
b. Menurut The Art, Science and Technology of Pharmaceutical Compounding
Suppositoria adalah sediaan padat yang digunakan untuk menyalurkan obat melalui rektum, vagina dan uretra.
c. Menurut FI IV (16)
Suppositoria adalah sediaan padat dengan ukuran dan bentuk yang bervariasi yang diberikan melalui rektal, vagina atau uretra. Umumnya meleleh, melunak atau melarut pada suhu tubuh.
d.Menurut DOM Martin (834)
Suppositoria adalah sediaan padat dengan ukuran dan bentuk yang bervariasi yang dimaksudkan disisipkan ke dalam rongga tubuh, khususnya rektum, vagina/uretra. Suppositoria melarut, melunak dan meleleh pada suhu tubuh.
e. Menurut Prescription (260)
Suppositoria adalah bentuk unit sediaan padat yang dimaksudkan untuk pengobatan untuk rektum, rongga vagina atau uretra.
f.  Menurut Lachmann Industri (1147)
Suppositoria adalah bentuk sediaan obat padeat yang umunya dimaksudkan untuk dimasukkan ke dalam rektum, vagina dan jarang digunakan untuk uretra.
g. Menurut RPS 18 th
Suppositoria adalah bentuk sediaan padat dengan berbagai berat dan bentuk umumnya digunakan untuk pengobatan dimasukkan ke dalam rektum, vagina atau uretra. Setelah dimasukkan ke dalam rektum, suppositoria akan melunak, melembut, menyebar dan melarut dalam cairan rongga tubuh.
h. Menurut PDF Ansell (424)
Suppositoria aadalah bentuk sediaan padat yang dimaksudkan untuk dimasukkan ke dalam rongga tubuh di mana akan melebur, melembut atau melarut dan memberikan efek lokal dan sistemuk.
i.   Menurut Scoville (367)
Suppositoria adalah bentuk sediaan padat yang mudah dimasukkan ke dalam salah satu rongga tubuh kecuali rongga mulut. diformulasikan melebur, melembut dan melarut atau hancur dalam suhu tubuh.
j.   Menurut Parrot (382)
Suppositoria adalah suatu unit bentuk sediaan padat untuk dimasukkan ke dalam rektum, vagina atau uretra. Suppositoria melebur, melembut atau melunak dalam rongga tubuh. Beberapa suppositoria vaginal atau dimasukkan dalam bentuk oral, adalah tablet kempa yang hancur dalam cairan vagina. dimasukkan dengan cara mencelupkan dengan air hangat dengan segera sebelum digunakan untuk mempermudah pemasukan dari supositoria tidak menarik ke luar. Suppositoria digunakan untuk efek lokal dan efek sistemik.

k. Menurut Textbook of Pharmaceutical (347)
Suppositoria adalah bentuk sediaan padat yang memiliki bahan obat seragam berbentuk kerucut atau torpedo untuk penggunaan rektal. Suppositoria meleleh, menyusut di bawah suhu tubuh setelah dimasukkan. massa mencair dan bahan obat dibebaskan setelah bersentuhan dengan cairan tubuh.
l.   Menurut American Pharmacy (347)
Suppositoria adalah bentuk dari suatu sediaan obat, biasanya kerucut atau oval bentuknya dimaksudkan untuk dimasukkan ke rongga vagina atau rektum untuk efek lokal dan sistemik. Suppositoria sebagian besar sediaan basisnya semipadat yang akan melelh ketika hangat pada suhu tubuh atau melarut atau hancur ketika kontak dengan cairan tubuh.
Kesimpulan :
Suppositoria adalah suatu sediaan padat yang mengandung bahan obat dengan bobot yang bervariasi, biasanya berbentuk oval, torpedo atau kerucut dimaksuddkan untuk disisipkan ke dalam rongga tubuh kecuali rongga mulut seperti pada rektum, vagina atau uretra di mana akan melunak, melembut, mencair dalam suhu tubuh dan  larut dalam cairan rongga tubuh serta melepaskan bahan obat setelah bersentuhan dengan cairan tubuh untu memberikan efek lokal maupun sistemik.




No comments:

Post a Comment